Powered By Blogger

Friday 28 December 2007

Bupati Jamin Transparansi Bantuan Longsor Karanganyar

Bupati Jamin Transparansi Bantuan Longsor Karanganyar
TAWANGMANGU, KCM – Bupati Karanganyar Hj. Rina Iriani Sri Ratnaningsih menyatakan pihaknya akan menyediakan informasi secara terbuka mengenai bantuan kepada korban longsor di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

“Kami mengupayakan semua (bantuan) open management, tidak ada rahasia, semuanya terbuka. Ada indomie satu yang diserahkan pun tercatat,” kata Rina Iriani yang saat dihubungi via telepon berada di posko kesehatan di Dusun Ledoksari, Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah, Jumat (28/12).

Tadi siang, Rina juga menerima bantuan dari mantan Panglima TNI Wiranto dan Gubernur Jateng Ali Mufiz yang berkunjung ke lokasi bencana. Pada kesempatan itu, Wiranto menyatakan bela sungkawa kepada penduduk setempat dan menyerahkan bantuan selimut serta makanan. Adapun Ali Mufiz menyerahkan cek sebesar 200 juta untuk korban longsor di Kabupaten Karanganyar.

“Saya bawa cek sekarang ini Rp350 juta. (Bantuan uang) yang lain lewat rekening di bawah koordinasi saya langsung,” kata Rina.

Sejak musibah longsor terjadi, Rabu (26/12), Rina memimpin langsung upaya pencarian korban di Tawangmangu. Setiap pukul 06.00 Rina membuka upaya evakuasi korban oleh tim gabungan dari SAR, TNI, PMI dan penduduk setempat. Bantuan materiil maupun nonmateriil dikoordinir langsung oleh Bupati.

“Seluruh wilayah terpantau . Saya nggak ingin penduduk itu gara-gara makanan jadi masalah,” kata Rina.

Rina juga menyebutkan pihaknya setiap saat akan menyediakan informasi tertulis kepada pihak mana pun yang ingin meminta kejelasan penggunaan dana bantuan tersebut.

“Semua yang mau lihat ada di situ, ditempelkan di posko. Yang mau minta pun nanti saya bagi print-nya,” papar Rina. (LHW)

sumber: http://kompas.com/ver1/Nusantara/0712/28/195633.htm

No comments: